Visi, Misi & Tujuan

Program Visi Studi Ilmu Tanah (PSIT) adalah:

“Menjadikan Program Studi Ilmu Tanah sebagai pusat pengembangan manusia dan IPTEK yang inovatif, mandiri dan terdepan dalam bidang Ilmu tanah dan Iklim.

Program Misi Studi Ilmu Tanah (PSIT) adalah:

  1. Menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi di bidang ilmu tanah dan manajemen. Sumberdaya dalam lingkungan meningkatkan daya daya melalui IPTEK.
  2. Mengembangkan kewirausahaan dalam bidang ilmu pengairan .
  3. Menjalin kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan yang terkait dengan pengelolaan sumber daya alam.
  4. Melaksanakan pembangunan pertanian melalui penerapan inovasi IPTEK.
  5. Melahirkan dan mengembangkan publikasi di bidang jurnal dan prosiding bereputasi nasional dan internasional.

Tujuan pelaksanaan Program StudiIlmu Tanah (PSIT) adalah:

  1. Menghasilkan manusia yang beriman, bertaqwa, berkualitas, profesional dan kompeten dalam bidang sumber daya dan lingkungan.
  2. Menghasilkan teknologi dan manajemen sumber daya dan IPTEKS.
  3. Menghasilkan wirausahawan yang terkait dengan sumber daya alam untuk mendukung peningkatan produksi dan produktivitas.
  4. Menciptakan jejaring kemitraan dengan para pemangku kepentingan tentang sumber daya alam yang optimal.
  5. Menghasilkan karya ilmiah yang dikeluarkan pada jurnal bereputasi nasional dan internasional.

Sasaran Program StudiIlmu Tanah (PSIT) adalah:

  1. Mengembangkan PSIT yang berbasis pemerataan dan aksesibilitas, peningkatan kualitas, relevansi dan daya saing, penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan masyarakat sesuai dengan paradigma baru pengembangan pendidikan tinggi (misi 1).
  2. Mengembangkan PSIT berbasis pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui kurikulum yang unggul, peningkatan kualitas tenaga pengajar, pengukuran kapasitas laboratorium dan laboran, kebun percobaan, stasiun penelitian  dan tenaga kependidikan (misi 1).
  3. Kompetensi bersama yang memiliki kompetensi wirausahawan dan mampu berdaya dalam era globalisasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kebutuhan pembangunan (misi 2).
  4. Membangun kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai  pemangku kepentingan dan lembaga regional, nasional dan internasional melalui hubungan-hubungan yang saling menguntungkan dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya alam (misi 3).
  5. Berperan dalam pembangunan pertanian melalui penerapan IPTEK, terutama dalam sumberdaya sumber daya tinggi (misi 4).
  6. Mengembangkan penelitian berdasarkan potensi untuk membuat artikel ilmiah untuk dipublikasi di jurnal dan prosiding nasional serta internasional bereputasi (misi 5).