Visi, Misi & Tujuan

Visi Program Studi Ilmu Tanah (PSIT) adalah:

“Menjadikan Program Studi Ilmu Tanah sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia dan IPTEK yang inovatif, mandiri dan terkemuka dalam bidang Ilmu tanah dan pengelolaan sumber daya lahan berkelanjutan di Asia Tenggara berbasis sumber daya lokal pada 2026”.

                   

Misi Program Studi Ilmu Tanah (PSIT) adalah:

  1. Menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi di bidang ilmu tanah dan pengelolaan sumber daya lahan dalam rangka peningkatan potensi sumber daya lokal melalui penerapan IPTEK.

Melalui misi pertama ini PSIT Fakultas Pertanian Unsyiah menyelenggarakan : (1) pendidikan dengan kurikulum yang unggul berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dalam hal pengelolaan tanah dan sumber daya lahan secara berkelanjutan dan penerapan teknologi spasial, (2) penelitian tanah dan sumber daya lahan berbasis sumber daya lokal, dan (3) pengabdian kepada masyarakat, untuk menghasilkan sumber daya manusia (alumni) yang unggul dan berkualitas serta mampu mendesiminasikan ilmunya.

  1. Mengembangkan entrepreneurship bidang ilmu tanah dan pengelolaan sumber daya lahan berbasis sumber daya lokal.

Melalui misi kedua ini PSIT Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala akan menghasilkan alumni yang mampu menjadi wirausahawan, mampu bersaing dan dapat mengukir prestasi di tingkat regional, nasional dan internasional dalam bidang ilmu tanah dan pengelolaan sumber daya lahan berbasis sumber daya lokal berkelanjutan.

  1. Menjalin kemitraan dengan berbagai stakeholders terkait dengan pengelolaan dan pengembangan sumber daya lokal melalui pengelolaan sumber daya lahan.

Melalui misi ketiga ini akan menempatkan PSIT Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala sebagai program studi yang bermitra dengan para pihak yang mengelola sumber daya lokal.  Kemitraan ini berupa pembinaan, pendampingan, dan transfer IPTEK tentang pengelolaan sumber daya lahan berkelanjutan melalui pengembangan, dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi.

  1. Melaksanakanpembangunan pertanian melalui penerapan inovasi IPTEK.

Melalui misi keempat ini, PSIT Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala ikut berperan serta dalam pembangunan pertanian melalui penerapan ilmu dan teknologi pengelolaan sumber daya lahan dan lingkungan dari hasil-hasil penelitian dan inovasi pertanian.

  1. Melahirkan dan mengembangkan publikasi ilmiah di jurnal dan prosiding bereputasi nasional dan internasional.

Melalui misi kelima ini, PSIT Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala ikut berperan aktif dalam menulis artikel ilmiah bersama dengan tim dosen dan mahasiswa dan melakukan publikasi di jurnal dan/atau prosiding nasional dan internasional bereputasi.

Tujuan pelaksanaan PSIT Fakultas Pertanian Unsyiah adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, bertaqwa, berkualitas, profesional dan kompeten dalam bidang ilmu tanah dan pengelolaan sumber daya lahan.
  2. Menghasilkan teknologi tanah dan pengelolaan sumber daya lahan dan IPTEKS pengelolaan komoditas sumber daya lokal berkelanjutan.
  3. Menghasilkan wirausahawan terkait pengelolaan sumber daya lahan untuk mendukung peningkatan produksi dan produktivitas sumber daya lokal berkelanjutan.
  4. Menciptakan jejaring kemitraan dengan para stakeholders tentang pengelolaan sumber daya lahan dalam mendukung optimalisasi pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya lokal.
  5. Menghasilkan karya ilmiah yang diterbitkan pada jurnal bereputasi nasional dan internasional.

sasaran PSIT Fakultas Pertanian Unsyiah adalah sebagai berikut. 

  1. 1. Mengembangkan PSIT yang berbasis pemerataan dan perluasan akses, peningkatan mutu,relevansi dan daya saing, penguatan tata kelola,akuntabilitas dan pencitraan publik sesuai dengan paradigma baru pengembangan pendidikan tinggi (misi 1).
  2. MengembangkanPSIT berbasis pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui penyusunan kurikulum yang unggul, peningkatan kualitas tenaga pengajar, peningkatan kapasitas laboratorium dan laboran, kebun percobaan, research station dan tenaga kependidikan (misi 1).
  3. Menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi wirausahawan dan mampu berdaya saing dalam menghadapi eraglobalisasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kebutuhan pembangunan (misi 2).
  4. Membangun kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai stakeholders dan lembaga regional, nasional dan internasional berdasarkan sikap saling menguntungkan dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya lokal melalui pengelolaan sumber daya lokal (misi 3).
  5. Berperan dalam pembangunan pertanian melalui penerapan inovasi IPTEK, terutama dalam pengelolaan sumber daya lahan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas komoditas sumber daya lokal (misi 4).
  6. Mengembangkan penelitian yang berbasis pada potensi lokal untuk menghasilkan artikel ilmiah untuk dipublikasi di jurnal dan prosiding nasional serta internasional bereputasi (misi 5).

Strategi pencapaian sasaran PSIT Fakultas Pertanian Unsyiah telah dibuat dalam rencana strategis (RENSTRA) program studi 2014-2019 yang secara garis besar berisi beberapa program berikut:

  1. Meningkatkan relevansi dan daya saing lulusan.
  2. Pengembangan suasana akademik yang kondusif
  3. Penjaminan kapasitas dan mutu input, proses, dan output
  4. Peningkatan efisiensi dan produktivitas Tridharma
  5. Peningkatan kapasitas dan mutu kepemimpinan institusi
  6. Peningkatan pencitraan institusi
  7. Peningkatan dan pemerataan akses pendidikan tinggi
  8. Peningkatan kerja sama kemitraan yang saling menguntungkan

Strategi pencapaian sasaran PSIT dikelompokkan atas tiga kategori, yaitu jangka pendek (2017-2021), jangka menengah (2017–2026), dan jangka panjang (2017-2030). Strategi-strategi yang berkenaan dengan peningkatan sistem manajemen dan penguatan tatakelola dilakukan selama jangka pendek (2017-2021), sedangkan strategi pencapaian yang berkenaan dengan peningkatan relevansi, daya saing, dan perluasan akses dilakukan dalam kurun waktu jangka menengah hingga jangka panjang (2017-2030).