Silabus

SILABUS MATA KULIAH

 

MATA KULIAH UMUM UNIVERSITAS

MKU-003       PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN 2(2-0)

Mempelajari, memahami dan menghayati pengetahuan dan kemampuan dasar warga neraga, termasuk hak dan kewajiban bela negara. Mata kuliah ini meliputi kajian tentang pokok-pokok bahasan: (1). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan yang mencakup: a. Hak dan kewajiban warganegara, b. Pendidikan Pendahuluan bela negara, c. Demokrasi Indonesia dan d. Hak azasi manusia. (2.) Wawasan nusantara, (3). Ketahanan Nasional dan (4.) Politik dan strategi nasional

MKU-005       ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR 2(2-0)

Membahas konsep-konsep dasar ilmu sosial, penduduk dan masyarakat; masalah-masalah sosial; kehidupan berbangsa, bernegara, struktur sosial; kelembagaan, pranata sosial, dan isu-isu aktual kemasyarakatan. Membahas relevansi ilmu budaya dengan berbagai bidang ilmu, berbagai masalah-masalah budaya, berbagai ungkapan pemikiran dan perayaan budaya berkenaan dengan masalah-masalah dasar yang dihadapi manusia.

USK-001       BAHASA INDONESIA 2(2-0)

Dasar-dasar fundamental kemahiran bahasa, penyusunan kalimat secara efektif dan analisis terhadap paragraf. Prinsip-prinsip penyusunan karya tulis disertai latihan-latihan. Bentuk-bentuk kata, imbuhan, frase, klausa, kalimat dan pokok pikiran utama wacana tertulis, dan teknik penulisan ilmiah.

MKU-002      PENDIDIKAN AGAMA     2(2-0)

Membahas pengertian agama dalam berbagai bentuk, masalah makhluk dan khalik, arkanul islam, dan akhlak serta syariah dan ibadah. Mendalami hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan dirinya sendiri. Memahami tentang islam untuk disiplin ilmu dari pandangan psikologis, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta beberapa masalah hukum dan sosial. Kebutuhan manusia terhadap agama, hukum islam, aqidah islam, peribadatan dan muamalah.

USK-002        BAHASA INGGRIS I 2(2-0)

Menjelaskan isi wacana tertulis berbahasa inggris dalam bidang sains dan teknologi. Mengidentifikasikan perbedaan bahasa inggris umum dan bahasa inggris khusus. Menjelaskan bentuk-bentuk kalimat. Bentuk-bentuk kata, imbuhan, frase, klausa, kalimat dan pokok pikiran utama wacana tertulis.

USK 039         KULIAH KERJA NYATA 3(3-0)

Diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman yang lebih luas dalam bermasyarakat serta sebagai sarana latihan dalam menerapkan ilmu yang telah didapat.

MATA KULIAH UMUM FAKULTAS

PER 031         BIOLOGI 3 (2 – 1)

Pembahasan biologi sebagai ilmu pengetahuan alam, mempelajari sel sebagai unit organisme, metabolisme sel, substansi dasar genetika, regulator metabolisme sel, macam-macam cara reproduksi, organisme sebagai sistem biologis, klasifikasi organisme dan organisme lingkungan.

PER 032         KIMIA 3 (2 – 1)

Memberikan pengertian serta memahami materi energi dan zat, hukum-hukum dasar ilmu kimia, struktur atom, konfigurasi elektron, penggolongan unsur-unsur, ikatan kimia, radio aktif dan reaksi inti. Pengenalan terhadap beberapa unsur penting yang erat hubungannya dengan bidang pertanian. Pembahasan dasar-dasar persenyawaan organik, sehubungan dengan sifat-sifat fisik, kimia dan pembuatannya. Struktur senyawa karbon, karbonsiklik, alifatik. Juga dibicarakan tentang sifat-sifat kimia fisik, kimia koloid yang ada hubungannya dengan pertanian.

PER 034         FISIKA 3 (2 – 1)

Memberikan pengertian dan ruang lingkup fisika yang berkaitan dengan fluida statis dan dinamis Menjelaskan persamaan dasar kontinuitas, bernouli dan konservasi energi serta jenis-jenis aliran dalam ruang dan waktu. Ciri-ciri saluran saluran terbuka dan tertutup, saluran alami dan buatan, serta saluran mantap dan tidak mantap; Kemudian dijelaskan pula aplikasi hukum-hukum dasar fluida pada saluran terbuka dan tertutup.

PER 005         PENGANTAR ILMU PERTANIAN 2 (2 – 0)

Membahas pengertian dan sejarah perkembangan pertanian, sistem pertanian yang meliputi sub sistem produksi, pasca panen dan konsumsi, kelembagaan kegiatan pertanian, peranan ilmu dasar dalam sistem pertanian dan lingkungan hidup, peranan sektor pertanian dalam membangun nasional yang mencakup kegiatan peningkatan produk domestik bruto, peningkatan devisa, pengembangan industri dan industrialisasi pertanian, peranana pendidikan serta pengembangan dan penerapan ilmu dan teknologi dalam pembangunan pertanian.

PER 009         DASAR-DASAR MANAJEMEN 2 (2 – 0)

Memberikan pengertian, ruang lingkup, sejarah perkembangan manajemen, fungsi, metoda dan teknik manajemen, sifat dan bentuk kepemimpinan, fungsi manajemen dalam bidang pertanian, macam-macam bentuk dan sifat badan usaha, strategi manajemen di Indonesia dan negara maju.

PER 010         PENGANTAR ILMU EKONOMI 2 (2 – 0)

Pengertian dan definisi yang meliputi ilmu ekonomi, persoalan ekonomi, ilmu ekonomi sebagai bagian ilmu sosial, model dan sistem perekonomian, pengantar teori konsumsi, permintaan dan penawaran, harga keseimbangan, elastisitas harga, pengantar teori produksi, biaya produksi, keuntungan perusahaan, pengantar teori pasar, pengantar teori ekonomi makro, jenis pasar, perhitungan pendapatan nasional, nilai tukar uang, pengangguran dan upah minimum, kebijakan fiskal dan moneter.

PER 036         AGROKLIMATOLOGI 3(2 – 1)

Mempelajari unsur-unsur dasar iklim, seperti radiasi, suhu, curah hujan, evaporasi, angin, kelembaban udara dsb. Ilkim Indonesia dan penekanannya terhadap pertanian. pengaruh iklim dibidang pertanian seperti terhadap hama dan penyakit tanaman klasifikasi iklim terutama di Indonesia, alat-alat pengukur cuaca.

PER-014         STATISTIKA 3(2-1)

Penyajian materi disesuaikan dengan kemajuan dalam ketersediaan fasilitas perhitungan secara cepat (komputer) dan kalkulator elektronik. Mahasiswa dihadapkan kepada penggunaan paket-paket perangkat lunak komputer dan diberikan pengertian memecahkan persoalan dan membandingkan hal yang sama dengan penggunaan komputer. Materi terdiri dari definisi, statistika deskriptif, peluang sebagai dasar ubtuk statistika infernsia dengan frekuensi relatif, distribusi sampling dan kurva normal, estimasi dan uji hipotesis untuk sample besar dan kecil, regresi dan korelasi, serta model-model yang berhubungan dengan analisis ragam, dan statistika nonparametik.

PER-015         SOSIOLOSI PEDESAAN 2(2-0)

Pendahuluan mengenai ilmu sosial dasar, pola kehidupan, proses sosial, lembaga-lembaga kemasyarakatan, grup dan organisasi sosial, sistem status dan pelapisan masyarakat, pola hubungan antar suku bangsa, pola komunikasi, komunikasi, kekuasaan dan wewenang, keluarga dan peranan wanita, bentuk masyarakat dan adaptasi ekologi, perubahan dan aplikasi sosial.

PER-017         DASAR-DASAR AGRONOMI      3(2-1)

Kajian meliputi pengertian agronomi, ruang lingkup permasalahan tanaman pertanian, perkembangan dan sistem lapangan produksi, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, kkonsep penggunaan energi, tanaman dan lingkungan meliputi kerapatan tanaman, tunmpang sari dan adaptasi. Juga dibahas masalah peningkatan produksi, pembiakan tanaman baik generatif maupun vegetatif.

PER-011         BAHASA INGGRIS II        2(2-0)

Membahas teknik-teknik penerjemahan artikel jurnal dan buku teks kedalam Bahasa Indonesia. Pembahasan juga mencakup pola-pola kalimat kompleks, clause dan sub clause serta kosa kata dan istilah yang berkaitan dengan bidang ilmu pertanian secara umum.

PER-018         DASAR –DASAR ILMU TANAH 3(2-1)

Pembahasan mengenai tanah sebagai tubuh alam, sifat fisik dan kimia tanah, suplai hara, pembentukan tanah, jenis tanah. Dibahas juga tentang bahan organik, organisme tanah, udara, air serta beberapa aspek dari reaksi tanah dan pengapuran. Pembahasan mengenai pupuk diberikan secara sederhana, unsur-unsur hara, pengelolaan tanah dan sedikit mengenai survei dan pemetaan tanah, juga dibahas masalah tanah jika ditinjau dari non-pertanian.

PER-019         PERANCANGAN PERCOBAAN 3(2-1)

Mempelajari metode dan prinsip-prinsip serta beberapa rancangan percobaan. Memilih serta merancang suatu sistem dan metode yang sesuai dengan tujuan penelitian. Dipelajari juga berbagai bentuk percobaan/rancangan, regresi linear, kuadratik, fungsi respons, cara-cara pemecahan soal, polinonal dan aplikasinya dalam pertanian.

PER-023         KEWIRAUSAHAAN 2(2-0)

Tantangan bangsa untuk maju, mutu manusia, faktor waktu dan tuntutan jaman serta sikap mental wiraswasta, arti dan unsur penting kewiraswastaan, kemampuan sukses dan kepercayaan diri. Pengembangan daya inisiatif antara tahuh dan berbuat, peranan daya pikir manusia, gagasan dan pengembangan kreatifitas, berfikir positif. Arti dan peranan modal, waktu dan efisiensi, perbuatan sebagai modal. Arti hidup berkemampuan dan faktor yang berperan, berbagai kesempatan berusaha dan berbagai jenis kebutuhan manusia. Usaha agribisnis, agrotorium dan usaha kecil. Faktor pernyataan proyek dan beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam rencana usaha. Peranan hubungan baik, kesan, citra serta berbagai teknik menjual, kelayakan usaha dan beberapa contoh profil usaha.

PER-025         PRAKTEK LAPANG 3(0-3)

Praktek lapang lebih ditekankan pada berbgai aspek Agronomis, yang dikaitkan dengan permasalahan yang sedang aktual atau minat dari tiap mahasiswa, sehingga mereka dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan serta mampu menganalisa berbagai aspek agronomis dilapangan. Praktek lapang dapat berupa field experiment atau melakukan kegiatan praktek secara bersama-sama, yang waktunya disesuaikan dengan jumlah SKS-nya. Praktek lapang dapat dilakukan dilembaga/instansi/perusahaan yang maju dan harus ada kaitannya dengan aspek-aspek agronomis.

PER-027         PENELITIAN/SKRIPSI     6(0-6)

Penerapan metodologi penelitian terhadap pemecahan sebuah masalah sehingga didapatkan sebuah hasil pemecahan masalah yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan kepustakaan/landasan teori, metodelogi penelitian, hasil penelitian dan pembahasannya, kesimpulan dan saran yang dikompilasi dalam sebuah skripsi dipresentasikan dan dipertahankan dalam ujian sidang dihadapan komisi penguji.

MATA KULIAH PROGRAM STUDI ILMU TANAH

AGT-009        FISIOLOGI TUMBUHAN 3(2-1)

Membahas konsep fisiologis dan faktor-faktor yang mempengaruhi metabolisme. Asas-asas penting fisiologi tumbuhan yang mendasari praktek budidaya tanaman dan mengembangkan kemampuan ini dalam strategi produksi.   Hubungan antara air, unsur hara, zat pengatur tumbuh dengan tanaman. Metabolisme tumbuhan (fotosintesis, respirasi)‏, Analisis pertumbuhan.

AGT-019        KOMUNIKASI DAN INFORMASI PERTANIAN 2(2-0)

Membahas istilah komunikasi pertanian, komunikasi dan penyuluhan pertanian, komunikator dan komunikan, proses komunikasi (cara berkomunikasi, aplikasi dan proses pengambilan keputusan, pembelajaran melalui berbagai kasus), proses adopsi inovasi dalam bidang pertanian, sistem informasi komunikasi dan teknologi dalam perkembangan pertanian.

AGT-025        PERTANIAN BERKELANJUTAN 3(2-1)

Sejarah perkembangan pertanian, Peranan pertanian dalam berbagai sub sektor pembangunan. Masalah SDA dan lingkungan hidup dalam hubungannya dengan aktivitas-aktivitas pertanian. Memperkenalkan konsep pertanian berkelanjutan, serta konsep ekologi pertanian lainnya, baik abiotik, maupun biotik.Prospek dan permasalahan dalam pertanian berkelanjutan, Strategi pengembangan pertanian berkelanjutan serta standarisasinya.Mengapa perlu pertanian organik, pengertian pertanian organik, keterpaduan di dalam pertanian organik,

Dasar-dasar nutrisi tanah penunjang pertanian organik, tata cara dekomposisi bahan organik, kualitas, macam dan sifat bahan organik.Peran dan aplikasi pestisida organik, Dasar-dasar penelitian organik, perhitungan penggunaan pupuk organik, Pengelolaan tanaman pangan dan hortikultura organik,Sertifikasi organik.

AGT-011        ORGANISME PENGGANGGU TANAMAN 3(2-1)

Menguraikan dan membahas pengendalian organisme pengganggu tanaman. Memberikan pengertian tentang peramalan terhadap organisme pengganggu tanaman dan juga membahas konsep pengendalian terpadu serta aplikasinya.

 

AGT-034        BUDIDAYA TANAMAN PANGAN DAN HOLTIKULTURA               3(2-1)

Membahas kultur tehnis, syarat-syarat tumbuh dan diskripsi tanaman pangan dan holtikultura dengan penekanan terhadap pengelolaan lahan, penanaman, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit yang berkaitan dengan produksi dan mutu.

 

AGT-035        BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN DAN INDUSTRI 3(2-1)

Konsep-konsep tanaman dan lingkungan, kultur teknis meliputi pengolahan tanah, pengadaan bibit, panenan, pemeliharaan dan pengolahan hasil dari tanaman perkebunan dan industri.

 

PIT-102          PENGANTAR EKOLOGI 3(2-1)

Dasar-dasar ekologi, konsep ekosistem, siklus biogeokimia, ruang lingkup ekologi tumbuhan, komunitas tumbuban, vegetasi daerah tropik, dan ekosistem pertanian. Pembahasan hubungan timbal balik antara tanaman dengan lingkungannya, reaksi tanaman terhadap perubahan kondisi lingkungan, Hubungan antar tanaman satu dengan tanaman lain dalam masyarakat tumbuhan, Cekaman lingkungan dan pengendaliannya. Kualitas air, tanah, dan udara. Estetika lingkungan dan ekowisata. REDD dan karbon stock dalam sektor pertanian

 

PIT-201          MIKROBIOLOGI DASAR 3(2-1)

Mempelajari kehidupan, sifat, dan jenis beberapa mikroba yang terkait dengan ilmu pertanian. Peranan mikroba terhadap kemajuan bidang pertanian. Mikroba yang dapat menyebabkan penyakit tanaman. Pengetahuan tentang sejarah dan peranan mikrobia di dalam alam, pertumbuhan, morfologi, sistematika serta pengaruh luar terhadap pertumbuhan dam metabolisme mikrobia terutama bakteri. Tinjauan terhadap mikrobia lain, misalnya actynomycetes, algae dan lain-lain. Enzim, makanan mikrobia, biogenetik dan biosintensis.

PIT-202          KESUBURAN DAN PEMUPUKAN TANAH 3(2-1)

Kesuburan Tanah (Sejarah kesuburan tanah, konsep kesuburan tanah, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, sifat-sifat tanah yang terkait dengan kesuburan tanah, unsur hara dan akuisisi unsur hara, kemasaman tanah dan pengapuran, Evaluasi kesuburan tanah (uji tanah dan tanaman), batasan/pemahamanpupuk, pengelolaan hara terpadu, pengelolaan bahan organik, pengelolaan kesuburan tanah, kualitas tanah, pengaruh global dan polusi unsur hara.

PIT-203          FISIKA TANAH 3(2-1)

Mempelajari tanah dari aspek fisika yang meliputi massa tanah, distribusi fraksi/partikel tanah (tekstur tanah), struktur, konsistensi, air tanah, dan udara tanah. Secara mendalam juga dibahas sifat-sifat fisika yang berhubungan dengan kesuburan tanah, yaitu: stabilitas struktur, permeabilitas, porositas, temperatur tanah, infiltrasi air, kapilaritas dan ketersediaan air, serta interaksi antara fase cair dan fase padat tanah yang berhubungan dengan fisikokimia tanah atau termodinamika. Kajian juga mencakup mekanika tanah, kompaksi dan kekuatan tanah. Secara praktis juga dijelaskan teknik pengamatan lapangan dan analisis sifat-sifat fisika tanah di laboratorium.

 

PIT-205          KIMIA TANAH 3(2-1)

Memberikan pengertian dan konsep dasar tentang susunan, komposisi, dan sifat kimia tanah, baik tanah mineral maupun tanah organik (gambut). Pembahasan meliputi kimia larutan, mineralogi liat, kimia bahan organik tanah/kimia humus, kimia permukaan (koloid) tanah, dan perubahan kimia yang terjadi di dalam tanah seperti reaksi tanah, kekuatan ion, koefisien aktivitas, selektifitas ion, oksidasi-reduksi (redoks), ekuilibria/kesetimbangan kimia, kinetika dan proses adsorpsi-desorpsi ion, kompleksasi/kelasi, kapasitas tukar kation, kejenuhan basa, dan pelarutan. Secara khusus juga dibicarakan tentang distribusi ion di dalam larutan tanah dan konsep muatan berubah melalui pendekatan teori Goy-Chapman dan Nernst. Lebih mendalam dibahas susunan mineral liat dan fraksi amorf tanah yang mempengaruhi sifat-sifat fisikokimia, prinsip dalam identifikasi mineral liat dengan mikroskop elektron, difraksi sinar-x, analisi diferensial termal, dan analisis kimia, serta teknik analisis sifat-sifat kimia tanah di laboratorium.

PIT-206          MORFOLOGI DAN KLASIFIKASI TANAH 3(2-1)

Membahas konsep pedon, polipedon, horizon, profil, sifat-sifat fisika dan kimia tanah secara morfologi di lapangan, serta parameter fisika, kimia, dan mineralogi tanah secara analisis di laboratorium yang digunakan dalam penyiapan tanah-tanah di lapangan. Mempelajari sistem klasifikasi tanah yang ada di Indonesia dan beberapa sistem klasifikasi yang dikenal di dunia/internasional seperti sistem FAO/Unesco, FAO, USDA, dan lain-lain. Sistem klasifikasi tanah komprehensif USDA dan perkembangannya serta terapannya di Indonesia dibahas lebih intensif. Selain itu, juga dipelajari distribusi beberapa jenis tanah di Indonesia beserta pedogenesis masing-masing. Secara praktis juga dibahas cara mengidentifikasi dan mengklasifikasi tanah dengan menggunakan kunci taksonomi tanah (keys to soil taxonomy).

PIT-207          BIOLOGI TANAH 3(2-1)

Mempelajari kehidupan, sifat, dan jenis beberapa mikrobia tanah khususnya yang berhubungan dengan kesuburan tanah, perubahan kimia dan fisika yang disebabkan oleh aktivitas metabolisme mikrobia, dan ekologi mikrobia. Juga dipelajari penyakit akibat keracunan (toksit) dan kerusakan akar tanaman oleh organisme patogen dan cara penanggulangannya, mekanisme simbiosisme antara tanaman dengan mikrobia tanah yang menguntungkan seperti rhizobium, mikoriza, dan azola. Secara praktis dan mendalam dibahas pula tentang teknik pembuatan media, isolasi, seleksi, dan perbanyakan mikrobia tanah, proses fermentasi, fraksionasi senyawa organik tanah, serta konservasi biologi dan strain dari mikrobia tanah.

 

PIT-209          MINERALOGI DAN PETROGRAFI 3(2-1)

Mempelajari tentang proses pembentukan mineral primer dan sekunder yang termasuk golongan silikat, karbonat, sulfat, fosfat dan oksida-oksida. Juga dipelajari prinsip-prinsip dasar kristalografi yang meliputi mineralogi fisik, khemis, optik dan susunan/komposisi kimia mineral, struktuk dasar mineral, klasifikasi mineral. Pembahasan tentang proses-proses volkanistik, geologi batuan yang mencakup batuan beku, sedimen, dan batuan metamorfik beserta komposisi kimianya, pembentukan bentang lahan (landform) fluvial, pantai/marine, kubah gambut, karts, patahan/lipatan.

 

PIT-210          METODE PENELITIAN 2(2-0)

Penelitian adalah suatu proses, yaitu suatu rangkaian langkah-langkah yang dilakukan secara terencana dan sistematis guna mendapat pemecahan masalah atau mendapat jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tertentu dan melaporkan hasil kegiatannya mengikuti tradisi yang sudah diterima oleh dunia cendikiawan internasional. Dalam mata kuliah ini diajarkan mengenai hasrat keingintahuan manusia. Dua pendekatan untuk memperoleh kebenaran. Berbagai jenis penelitian. Proses penelitian (identifikasi masalah, penelaahan pustaka, perumusan hipotesis dan penulisan laporan). Pedoman penulisan karya ilmiah/laporan penelitian. Pengertian penelitian dan percobaan serta perencanaannya, metode pengumpulan data (kuesioner, wawancara, observasi), tatacara dan persiapan, teknik percobaan lapangan, rancanagn dan analisis data serta penarikan kesimpulan.

 

PIT-211          AGROHIDROLOGI 3(2-1)

Menjelaskan ruang lingkup ilmu hidrologi yang berkaitan dengan pertanian. Membahas daur hidrologi dan unsur-unsur yang terkait di dalamnya, neraca air untuk menentukan surplus dan defisit air, aliran permukaan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan produksi tanaman serta keterkaitannya dengan lingkungan. Membahas kekeringan dan debit andalan suatu wilayah untuk bidang pertanian.

 

PIT-301          GEOGRAFI DAN PERKEMBANGAN TANAH INDONESIA 3(2-1)

Mempelajari geografi dalam kaitannya dengan perkembangan tanah di Indonesia; pembagian wilayah geografi di Indonesia dikaitkan dengan pembagian astronomi, geologi, persebaran flora, fauna, dan jenis tanah; pembagian wilayah iklim di Indonesia; pembagian wilayah jenis tanah di Indonesia; potensi tanah-tanah di Indonesia untuk pertanian; perkembangan dan edafologi tanah-tanah terferolisis; perkembangan dan reklamasi tanah-tanah masam lahan basah (tanah-tanah gambut, tanah-tanah rawa, dan tanah-tanah sawah); perkembangan dan edafologi tanah-tanah masam lahan kering (tanah-tanah merah dan tanah-tanah berpasir).

PIT-303          PENGANTAR PENGINDERAAN JAUH 3(2-1)

Mempelajari tentang ruang lingkup penginderaan jauh, dasar fisika dan beberapa formula untuk penginderaan jauh, jenis-jenis foto, pengetahuan tentang skala foto, dan pengukuran paralak, unsur dan teknik interpretasi foto udara, serta foto udara terapan. Juga dibicarakan jenis-jenis citra satelit, penyiam multispektral, pengenalan pola spektral, koreksi radiometri dan geometri, teknik penajaman citra, dan sifat khas citra landsat, serta teknik interpretasi citra landsat.

PIT-308          NUTRISI TANAMAN 3(2-1)

Nutrisi tanaman dirancang untuk memahami mekanisme assimilasi dan fungsi unsur hara dalam metabolisme tanaman dalam pertumbuhannya. Ini ditujukan untuk memberikan landasan pengetahuan yang kokoh akan unsur hara tanaman atau kebutuhan unsur hara tanaman dalam proses pertumbuhan ditinjau khususnya dari segi fisiologis. Pada bagian awal; pembahasan ditekankan pada jenis unsur hara yang dibutuhkan tanaman yang disertai dengan uraian tentang mekanisme serapan unsur hara oleh tanaman khususnya organ akar. Bagian terakhir ini diberikan untuk menjembatani pengetahuan kesuburan tanah dengan materi inti nutrisi tanaman. Ini kemudian diikuti dengan pembahasan masing-masing dan fungsi unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam proses fisiologis tanaman yang dikelompokkan menjadi unsur hara makro, mikro dan menguntungkan. Pada bagian akhir, cara mendiagnosa atau mengenal tanda-tanda difisiensi sesuatu unsur hara tanaman diuraikan secara umum.

 

PIT-310          GEOMORFOLOGI DAN ANALISIS LANSEKAP 3(2-1)

Membahas tentang konsep Analisis lansekap, proses geomorfologi, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan landform, tipe-tipe landform dominan di Indonesia. Proses dan pembentukan landform fluvial dan pantai, proses pada lereng, pelapukan dan landform landsekap semiarid dan coastal processes, slope profile study, lereng dan pembentukan tanah, dasar-dasar interpretasi foto udara.

 

PIT-407          INSTRUMENTASI DAN ANALISIS LABORATORIUM    3(2-1)

Membahas tentang berbagai jenis dan spesifikasi instrumentasi/peralatan laboratorium yang berhubungan dengan analisis tanah, air dan tanaman serta prinsip kerja alat dan teknik operasionalnya. Pembahasan juga mencakup prinsip, metode dan prosedur analisis tanah di laboratorium yang meliputi analisis tanah, analisis air, dan analisis tanaman serta teknik kalibrasi, dan interpretasi data hasil analisis.

PIT-204          KONSERVASI SUMBERDAYA LAHAN 3(2-1)

Mempelajari masalah-masalah erosi, sifat dan fungsi tanah, kerusakan tanah dan pertumbuhan tanaman, dampak erosi, sedimen dan sedimentasi, penyebaran global daerah erosi, selektivitas erosi dan nisbah pengkayaan. Pengertian dasar dan hidrologi meliputi konservasi semberdaya lahan, siklus air dan persamaan air, infiltrasi, bentuk dan sifat aliran permukaan, prediksi laju aliran permukaan, prediksi jumlah aliran permukaan, pengukuran debit air. Proses terjadinya erosi, bentuk-bentuk erosi, faktor-faktor yang mempengaruhi erosi meliputi faktor iklim (prosedur perhitungan energi kinetik hujan dan hasil analisis hujan untuk menghitung EI30, topografi, vegetasi, tanah dan manusia. Metode konservasi tanah dan air meliputi metode vegetatif, metode mekanik dan metode kimia, konservasi air dan kualitas air, irigasi dan drainase. Tanaman penutup tanah, penggiliran tanaman dan agroforestry. Prediksi dan pengukuran erosi, erosi yang masih dapat dibiarkan, evaluasi ancaman erosi, peta bahaya erosi potensial dan aktual. Evaluasi lahan meliputi penggunaan lahan untuk pertanian dan non pertanian, sifat-sifat lahan, sistem klasifikasi kemampuan lahan.

PIT-208          ILMU UKUR TANAH DAN KARTOGRAFI 3(2-1)

Mempelajari tentang cara-cara mengukur tanah, penentuan azimuth, cara mendesain pengukuran, teknik pengisian buku ukur, dan perhitungan koordinat basis dan rintisan, teknik ploting data hasil pengukuran ke sebuah peta, cara menggambar garis kountur, cara menentukan sekala peta dan mempelajari sistem-sistem koordinat (latitude/longitude, UTM) dalam membuat peta. Selain itu juga dipelajari teknik dan seni membuat peta tematik seperti peta lereng, peta jenis tanah, peta kemampuan lahan, peta kesesuaian lahan, dan lain-lain.

PIT-302          TEKNOLOGI SPASIAL/GIS 3(2-1)

Mempelajari teknologi informasigeospasial, menganalisis data yang memiliki konteks geografis, temporal dan spasial, termasuk pengembangan dan pengelolaan alat-alat teknologi informasi terkait, seperti foto udara dan citra satelit penginderaan jauh, Global Positioning System (GPS), dan komputerisasi sistem informasi geografis (GIS), mempelajari konsep dasar data spasial, jenis dan komponen dalam pengelolaan data spasial, georeferensi, data model, data vektor, raster, proses pengumpulan, pemasukan dan pengolahan data spasial, dan mempelajari pemanfatan data spasial dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, khususnya untuk pertanian dan tata ruang.

 

PIT-304          PENATAGUNAAN LAHAN DAN PENGEMBANGAN WILAYAH 3(2-1)

Membahas tentang prinsip dasar perencanaan pengembangan wilayah. Hubungan teori dan strategi dalam pembangunan dan pengembangan wilayah. Pergeseran penggunaan tanah/lahan. Fungsi dan perencanaan pembangunan. Teori lokasi, Weber, Von Thunen, Christaller, Losch, dll. Konsep Shift-Share Analysis, Location Quation, Agro-ecology Zone (AEZ). Kerangka pendekatan dan pola umum serta rencana pengembangan wilayah ditinjau dari potensi sumberdaya lahan. Pengembangan wilayah pedesaan dan administrasi pengembangan wilayah di Indonesia.

 

PIT-305          PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI 3(2-1)

Pembahasan mencakup sumber-sumber air bumi, bentuk dan sifat-sifat akuifer, serta potensi pemanfaatannya. Secara mendalam dibahas pula komponen-komponen daur hidrologi, keterkaitan antar komponen, serta hubungannya dengan vegetasi terhadap perubahan karakteristik hidrologi dalam sekala DAS, aplikasi statistik dalam analisis frekuensi banjir dan curah hujan, analisis regresi dan korelasi untuk pembuatan kurva hidrograf. Juga dibahas karakteristik DAS serta konsep-konsep pengelolaannya dan pengaruh terhadap parameter keberhasilan pengelolaan DAS seperti erosi, sedimentasi, hasil air, dan kualitas air.

 

PIT-306          PENGELOLAAN SUMBERDAYA AIR 3(2-1)

Peranan air dalam kehidupan tanaman, serta keterbatasan air akibat persaingan pemanfaatan dan pentingnya pengelolaan air. Situasi keseimbangan air, karakteristik air di permukaan bumi dan di dalam tanah. Sistem pergerakan air dari tanah, tanaman dan udara. Peranan air bagi peningkatan pertumbuhan dan produksi tanaman. Konsep penetapan konsumsi air bagi tanaman, pertanian hemat air, dampak cekaman air bagai tanaman, metode pengelolaan air, irigasi, drainase dan konservasi air. Implementasi konsep konservasi air dan metode penanganannya, pengelolaan sumberdaya air serta sarana dan prasarana jaringan irigasi.

 

PIT-307          PENCEMARAN TANAH DAN AIR 3(2-1)

Membahas tentang  berbagai permasalahan dan penyebab terjadinya pencemaran tanah dan air serta dampak-dampak yang ditimbulkannya pada kualitas tanah, air, dan kehidupan organisme tanah. Pembahasan juga mencakup proses terjadinya pencemaran pada tanah dan air dan bentuk-bentuk bahan dan senyawa pencemar (polutan) yang menyebabkan penurunan kualitas tanah, air, dan kehidupan organismenya, standar mutu air dan teknik remediasi pada permukaan air, serta teknik-teknik remediasi yang dikembangkan pada lahan-lahan tercemar seperti bioremediasi dan fitoremediasi.

 

PIT-312          MITIGASI BENCANA DAN ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM 3(2-1)

Mata kuliah ini mengupas tentang konsep umum bencana yang mencakup definisi, ruang lingkup, jenis dan dampak bencana kepada kehidupan manusia serta upaya pengurangan risiko bencana. Beberapa fenomena alamiah yang berpotensi menimbulkan bencana, antara lain gempa bumi, tsunami, banjir, kekeringan, longsor, badai, angin puting beliung dan letusan gunung api serta bencana industria akan dibahas. Salah satu langkah awal dalam mitigasi bencana melalui penilaian risiko bencana dengan menggunakan variabel kerentanan (vulnerability), potensi ancaman (hazard), dan kapasitas (capacity) serta upaya mitigasi secara struktural dan nonstruktural juga diperkenalkan. Aspek perubahan iklim dan langkah-langkah adaptasi khususnya yang berkaitan dengan mitigasi bencana hidrometeorologis juga dibahas.

PIT-314          MANAJEMEN USAHA PERTANIAN 3(2-1)

Memberikan pengertian ruang lingkup manajemen, perananan organisasi, unsur-unsur manajemen, ciri-ciri manajer profesional, tingkat-tingkat manajemen dan fungsi-fungsi manajemen seperti fungsi perencanaan (planning), fungsi pengorganisasian (organizing), fungsi kepemimpinan (actuating), dan fungsi pengendalian (controlling). Perkembangan ilmu manajemen, aliran-aliran ilmu manajemen, pelopor ilmu manajemen. Kelebihan dan kekurangan tiga aliran manajemen, tanggungjawab sosial dan etika organisasi, rintangan terhadap pemecahan masalah manajerial dan cara pendekatan untuk pemecahan masalah dalam manajemen. Pendekatan human relation dalam manajemen, pengembangan dalam organisasi, perusahaan dan perbandingan manajemen di berbagai negara.

 

PIT-401          SURVAI TANAH DAN EVALUASI LAHAN 3(2-1)

Memberikan pengertian, ruang lingkup dan kepentingan survai tanah dan evaluasi lahan, peralatan dan persiapan survai tanah. Teknik survai tanah, pelaksanaan survai tanah, sekala tingkat ketelitian, dan pengamatan tanah di lapang. Interpretasi data tanah dan lahan untuk keperluan klasifikasi tanah dan evaluasi lahan. Juga dipelajari uraian evaluasi lahan, pendekatan evaluasi lahan dan perkembangan metode evaluasi lahan, kemampuan lahan dan kesesuaian lahan, klasifikasi kesesuaian lahan untuk tanaman pangan lahan kering, untuk irigasi, lahan pasang surut, dan hutan kesepakatan, serta keperluan lainnya.

 

PIT-403          PENGELOLAAN LAHAN KERING DAN LAHAN BASAH 3(2-1)

Mempelajari jenis-jenis tanah lahan pertanian (tanah-tanah lahan kering dan tanah-tanah lahan basah); pengelolaan tanah-tanah lahan kering (Alfisol, Andisol, Aridisol, Entisol, Inceptisol, Mollisol, Oxisol, Spodosol, Ultisol, dan Vertisol); serta pengelolaan tanah-tanah lahan basah (tanah tundra/Gelisol; tanah gambut/ Histosol dan tanah bergambut/subgrup Histic; tanah rawa pasang surut/Aquent; tanah berglei/Aquept; tanah salin dan alkali/Solonchak, Solonetz, Solodi, Kastanozem dan Chernozem; tanah lahan basah berliat tinggi/Aqualf, Aquox, Aquult, Aquert; serta tanah lahan basah lainnya/Aquand, Aquoll dan Aquod).

 

PIT-409          BIOTEKNOLOGI TANAH 3(2-1)

Membahas tentang perkembangan bioteknologi dalam bidang pertanian khususnya di tanah yang meliputi biopestisida, biofertilizer, dan biokonversi. Juga mempelajari penggunaan mikroorganisme tertentu maupun senyawa-senyawa yang dihasilkan oleh mikroorganisme yang dapat dipergunakan untuk pengendalian penyakit tanaman secara biologis (biopestisida). Mempelajari teknik pengadaan/pembuatan pupuk hayati (biofertilizer) serta penggunaannya yang dimulai dari isolasi hingga aplikasi di lapangan, seperti mikoriza, mikrobia pelarut fosfat, pengikat nitrogen, dan pemanfaatan cacing tanah. Selain itu juga dipelajari cara memperbaiki tanah yang terkontaminasi secara bioremidasi.

 

PIT-413          REKLAMASI DAN REHABILITASI LAHAN 3(2-1)

Definisi dan batasan reklamasi dan rehabilitasi lahan. Faktor-faktor penyebab terjadinya degradasi, macam degradasi lahan, baik lahan kering maupun lahan basah. Hubungan antara degradasi lahan dengan produktivitas lahan, terutama pada lahan kering. Erosi dan akibatnya, pembukaan dan pembakaran hutan, pemanfaatan sumberdaya air yang berlebihan, ladang berpindah dan penurunan produktivitas tanah, lahan gambut dan pasang surut. Siklus hara pada hutan, ladang berpindah, areal pertanian dan lain-lain. Teknik reklamasi dan rehabilitasi lahan serta alternatif teknologi yang paling efisien dan ekonomis, pelestarian sumberdaya hutan, pemulihan bekas ladang berpindah, pengelolaan aliran sungai, peningkatan produktivitas lahan marginal, umur pakai tanah dan sistem pertanian berkelanjutan.

 

PIT-415          SISTEM INFORMASI LAHAN 3(2-1)

Memberikan pengertian, ruang lingkup dan kepentingan survai tanah dan evaluasi lahan, peralatan dan persiapan survai tanah. Teknik survai tanah, pelaksanaan survai tanah, sekala tingkat ketelitian, dan pengamatan tanah di lapang. Interpretasi data tanah dan lahan untuk keperluan klasifikasi tanah dan evaluasi lahan. Juga dipelajari uraian evaluasi lahan, pendekatan evaluasi lahan dan perkembangan metode evaluasi lahan, kemampuan lahan dan kesesuaian lahan, klasifikasi kesesuaian lahan untuk tanaman pangan lahan kering, untuk irigasi, lahan pasang surut, dan hutan kesepakatan, serta keperluan lainnya.

 

PIT-417          MANAJEMEN LAHAN TERPADU 3(2-1)

Membahas tentang konsep-konsep dasar manajemen lahan pertanian yang berwawasan lingkungan melalui pendekatan secara holistik dan berkelanjutan. Pembahasan menyangkut persepsi tentang tanah dan sumberdaya lahan, fungsi tanah bagi kehidupan dan habitat makhluk hidup, sebangai sarana produksi hayati dan pangan, serta pentingnya menjaga kelestarian fungsinya. Aspek pembahasan difokuskan pada teknik-teknik budidaya pertanian terpadu yang membahas berbagai aspek budidaya dalam pengelolaan lahan secara terpadu misalnya dengan menerapkan sistem-sistem pertanian organik, agroforestry, pertanian konservasi dan pertanian terpadu dalam konteks agroekologi dan sosial budaya masyarakat.

 

PIT-405          PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN PRESENTASI 2(2-0)

Mempelajari dasar-dasar penulisan ilmiah, penulisan abstrak, ringkasan karya ilmiah, memberikan pengetahuan tentang perbedaan penulisan akademik dan non akademik, kepustakaan, menghindari plagiat, referencing, memahami poin utama dalam abtrask, artikel dan bacaan ilmiah, mempelajari tentang membuat presentasi ilmiah, poster ilmiah dalam pertemuan forum ilmiah, membuat slipe presentasi, link presentasi dan lain-lain.

 

PIT-411          ETIKA LINGKUNGAN 2(2-0)

Pemahaman terhadap teori Etika dan Etika Lingkungan. Prinsip-prinsip Penerapan

Etika Lingkungan. Hubungan Etika Lingkungan dengan Politik dan Pembangunan

serta Teknologi. Konsep Kembali ke Alam

 

SEP-037         EKONOMI SUMBERDAYA LAHAN 3(2-1)

Persoalan alokasi sumberdaya lahan tingkat nasional dan lokal dalam kaitannya dengan perubahan ekonomi, pertambahan penduduk, teknologi, dinamika perubahan masyarakat dan ketersediaan sumberdaya lahan yang semakin langka. Kerangka pengambilan keputusan dalam pemanfaatan sumberdaya lahan. Penggunaan dan interpretasi ilmu ekonomi dalam mengarahkan kebijakan alokasi sumberdaya lahan yang ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Analisis alokasi sumberdaya lahan dalam ruang dan waktu (spasial-temporal) dan hak-hak penguasaan dan penggunaan yang mempengaruhi efisiensi dan pelestarian sumberdaya lahan.