POB Bimbingan Akademik

Logo Unsyiah Kuning HD 1012x972 Transparan 1

FAKULTAS  PERTANIAN  UNIVERSITAS  SYIAH KUALA

PROGRAM STUDI ILMU TANAH

JURUSAN ILMU TANAH

Prosedur Pembimbingan Akademik

No. 01/003/P-POB/PST/2016

Tgl: 01 Agustus  2016

Rev: 02

Ditetapkan Ka.Program Studi: Dr.Ir.Hairul Basri, M.Sc

1.      RASIONALITAS

Kelancaran pembimbingan akademik diperlukan agar mahasisiwa mengambil mata kuliah yang sesuai untuk mempercepat masa studi.

2.      TUJUAN

Sebagai pedoman bagi dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan proses pembimbingan akademik di lingkungan Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala.

3.      DEFINISI

a.       Bimbingan akademik adalah bimbingan yang dilakuakan oleh dosen terhadap mahasiswa untuk membantu kelancaran kegiatan-kegiatan akademik.

b.      Dosen Pembimbing Akademik (PA) adalah dosen yang ditugaskan untuk melakukan pembinaan dan pengarahan kepada mahasiswanya dalam perencanaan studinya dari mulai tercatat sebagai mahasiswa sampai dengan semester akhir.

4.      RUANG LINGKUP

a.       Tugas dosen Pembimbing Akademik dan mahasiswa.

b.      Hak dosen dan mahasiswa dalam pembimbingan akademik.

c.       Proses pembimbingan akademik.

5.      REFERENSI

Buku Panduan Akademik, Universitas Syiah Kuala, 2016.

6.      PROSEDUR PEMBIMBINGAN AKADEMIK

No.

Aktivitas

Tanggung

Jawab

1

2

1.

Pada pertemuan perdana dengan mahasiswa, dosen PA diwajibkan memberitahukan kepada mahasiswa bimbingan mengenai pedoman pelaksanaan embimbingan akademik.

2.

Dosen PA harus mempunyai portofolio asli (Kartu Hasil Studi dan data lengkap mahasiswa yang didokumentasikan pada map untuk masing-masing mahasiswa) dan KRS per semester dari setiap mahasiswa bimbingannya selam mahasiswa tersebut aktif sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala.

3.

Setiap dosen PA harus mempunyai daftar hadir bimbingan akademik dan menandatangani kartu kendali yang dibawa oleh mahasiswa bimbingan. Kartu kendali dibuat rangkap dua, satu untuk mahasiswa dan satu untuk arsip dosen.

4.

Bimbingan akademik dilakukan minimal 4 (empat) kali per semester.

5.

Dosen PA harus memberikan motivasi kepada mahasiswa bimbingan diantaranya untuk mengikuti berbagai kegiatan yang positif, diantaranya mengikuti seminar, organisasi kemahasiswaan di kampus, mengikuti lomba mahasiswa berprestasi, dan lain-lain.

6.

Dosen PA harus menyediakan waktu luang untuk mahasiswa bimbingan mengenai akademik maupun mengenai masalah-masalahh lain.

7.

Dosen PA wajib memberikan perintah yang intens kepada mahasiswa bimbingannya yang masih belum lulus pada semester 9.

7.      TUGAS PEMBIMBING AKADEMIK

a.       Membimbing mahasiswa dalam menyusun Rencana Studi, baik program satu jenjang penuh maupun program semsteran untuk mencapai hasil yang optimal;

b.      Memberi pertimbangan kepada mahasiswa dalam menentukan jumlah SKS dan jenis mata kuliah yang akan diambil, yang dicantumkan dalam Kartu Rencana Studi (KRS) disesuaikan dengan Index Prestasi Kumulatif (IPK) terakhir yang diperoleh mahasiswa.

c.       Mengontrol Mata Kuliah yang belum lulus/belum diprogramkan untuk diambil kembali sesegera mungkin. Mata Kuliah harus bersih terlebih dahulu di semester belakang, baru kemudian diperkenankan untuk mengambil Mata Kuliah semester berikutnya;

d.      Membina dan memantau perkembangan studi mahasiswa yang dibimbing;

e.       Memberi bimbingan dan konseling masalah non-akademik yang dihadapi mahasiswa.

f.       Dosen PA wajib melaporkan kepada Pimpinan Jurusan/Prodi apabila berhalangan (sakit, musibah, ditugaskan) dalam pemimbingan akademik. Pimpinan Jurusan/Prodi dapat menggantikan sementara pemimbingan akademik.

8.      TUGAS MAHASISWA BIMBINGAN

a.       Setiap mahasiswa wajib mengikuti Tata Tertib yang berlaku di Fakultas Pertanian berdasarkan kode etik yang berlaku.

b.      Setiap mahasiswa bimbingan harus membawa kartu kendali pembimbingan akademik dan dokumen lain yang diperlukan setiap bimbingan akademik.

c.       Mahasiswa wajib datang pada saat bimbingan dan tidak boleh diwakilkan, kecuali jika berhalangan karena sakit, musibah (meninggal orang tua/saudara kandung), atau ditugaskan oleh Pemerintah/Universitas/Fakultas/Jurusan/Program Studi.

d.      Setiap mahasiswa harus mempunyai KHS, KRS persemester, Kartu Kendali Pembimbingan, Kartu Kendali Mata Kuliah. Setiap KHS yang diterima oleh mahasiswa wajib dilaporkan kepada orang tua atau wali mahasiswa tersebut.

9.      HAK DOSEN PEMBIMBINGAN AKADEMIK

a.       Dosen PA berhak untuk memanggil mahasiswa yang diduga melakukan perilaku yang menyimpang dari ketentuan yang berlaku di lingkungan Universitas Syiah Kuala.

b.      Dosen PA berhak merekomendasikan mahasiswa bimbingannya yang berprestasi dan layak untuk mendapatkan beasiswa. Dosen PA dianjurkan untuk mempunyai daftar mahasiswa bimbingannya yang belum dan sudah mendapatkan beasiswa.

10.  HAK MAHASISWA

Setiap mahasiswa berhak mendapatkan bimbingan dari dosen PA minimal empat kali per semester.

11.  TANGGUNG JAWAB

a.       Dosen Pembimbing Akademik.

b.      Mahasiswa.

12.  PIHAK TERKAIT

a.       Dosen Pembimbing Akademik.

b.      Mahasiswa.

c.       Jurusan/Program Studi.

d.      WD-I/SBAK.

13.  PERSYARATAN

a.       Mahasiswa memiliki kartu kendali pembimbingan akademik.

b.      Dosen pembimbing akademik adalah dosen wali yang ditunjuk berdasarkan SK Dekan.

14.  DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN

a.       KHS.

b.      KRS.

c.       Kartu Kendali Pembimbingan Akademik.

d.      Kartu Kendali Mata Kuliah.

e.       Biodata Mahasiswa.

15.  WAKTU YANG DIBUTUHKAN

a.       Satu minggu pengambilan KHS dan konsultasi KRS.

b.      Dua hari untuk konsultasi perubahan/penggantian mata kuliah.

16.  SANKSI

a.       Dosen yang tidak melakukan bimbingan akademik pada semester berjalan tidak diberikan honor bimbingan akademik pada semester tersebut, serta tidak mendapatkan tambahan mahasiswa pada periode berikutnya. Apabila tiga kali berturut-turut meninggalkan kewajibannya, maka mahasiswa bimbingannya dapat dialihkan kepad dosen lainnya.

b.      Bagi mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan pembimbingan akademik minimal empat kali, maka mahasiswa tersebut tidak dapat dilayani beberapa kegiatan administrasi yang terkait yang ada pada jurusan/program studi atau SBAK, Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala.

17.  LEGALASI

Disahkan di Banda Aceh pada tanggal 01 Agustus 2016

Ketua Program Studi Ilmu Tanah

Fakultas Pertanian

Universitas Syiah Kuala

Dr. Ir. Hairul Basri, M.Sc

NIP. 19670210 199102 1 001