POB Penetapan Kinerja Dosen, Staf dan Mahasiswa

 

Logo Unsyiah Kuning HD 1012x972 Transparan 1

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

PROGRAM STUDI ILMU TANAH

JURUSAN ILMU TANAH

PROSEDUR PENETAPAN INDEKS KINERJA DOSEN,

STAF DAN MAHASISWA

No. 01/025/P-POB/PST/ 2016

Tgl: 01 Agustus 2016

Rev : 02

Ditetapkan Ka. Program Studi : Dr. Ir. Hairul Basri, M.Sc

 

1. RASIONALITAS

Penetapan indeks kinerja dosen, staf dan mahasiswa diperlukam untuk memotivasi seluruh sivitas akademika mencapai prestasi kerja dibidangnya masing-masing guna terlaksanya mutu berkelanjutan difakultas pertanian.

2.    2. TUJUAN

Prosedur Operasional Baku (POB) ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai :

Prosedur pemilihan Dosen terbaik dan mahasiswa terbaik setiap tahun.

3. DEFINISI

a.  Dosen terbaik

Dosen yang memiliki Indeks prestasi (Lecturer Perfomance Index) yang terbaik dalam satu tahun berdasarkan penilaian sesuai dengan kriteria yang ditentukan pada penilaian dari form kinerja yang telah diisi oleh setiap dosen.

b. Staf Terbaik

Staf yang memiliki Indeks prestasi kerja (Staff Performance Index) yang terbaik dalam satu tahun kerja berdasarkan penilaian sesuai dengan kriteria yang ditentukan pada penilaian dari form kinerja yang telah diisi oleh staff (administrasi dan laboran).

c.  Mahasiswa terbaik

Mahasiswa yang memiliki Indeks prestasi (Student Perfomance Index) yang terbaik dalam satu tahun berdasarkan penilaian sesuai dengan kriteria yang ditentukan pada hasil penilaian yang telah ditentukan.

4. RUANG LINGKUP

       POB ini meliputi :

a. Tata cara Pemilihan Dosen terbaik, Staf terbaik, dan mahasiswa terbaik.

b.  Kriteria penilaian.

c.  Tata cara pemilihan.

d.  Pemberian reward.

5. Referensi

a. Buku panduan akademik Sarjana dan Diploma Universitas Syiah Kuala 2016.

b. UU NO 20 TAHUN 2003 tentang sistim pendidikan nasional.

c. UU NO 19 TAHUN 2005 tentang standar pendidikan nasional.

d. Renstra Fakultas Pertanian 2012-2016.


6.  Prosedur

bagan alir Prosedur

Kegiatan

Pihak yang terlibat

Waktu

Dokumen

Staf Pengajar

Pimpinan PS

Mahasiswa

Koordinator mahasiswa

Penyebaran form.

Ö

Ö

Ö

Ö

Awal Sem. Ganjil

Bukti dalam bentuk foto copy

Penilaian.

Ö

Ö

Kumpulan form beserta nilai

Penentuan Dosen, staf dan mahasiswa terbaik .

Ö

Ö

Lembar keputusan dan rekapitulasi penilaian

Pembuatan berita acara, SK dan piagam.

Ö

Ö

SK best lecturer dan best student of the year.


a.  Tata Cara Pemilihan Dosen Terbaik

1.      Pengisian borang yang disiapkan oleh tim TPMA.

Pada akhir tahun ajaran semester genap, dosen diminta mengisi borang yang telah dipersiapkan oleh setiap dosen aktif.

Penilaian sesuai dengan krteria bobot setiap bagian penilaian. Angka tertinggi akan diputuskan sebagai Dosen terbaik pada tahun tersebut.

2.    Syarat Dosen yang dipilih :

a.       Dosen aktif (Tdk dalam masa studi) dua semester saat dimulai penilaian.

b.      Memiliki atau mengisi form yang disediakan panitia.

3.    Priode penilaian meliputi semseter Ganjil dan semseter genap tahun ajaran yang sama.

4.    Penilaian akan dilakukan oleh pimpinan Jurusan/Prodi setelah mempertimbangkan penyerahan pengisian borang oleh tim TPMA.

5.    Hasil penilaian IKNI akan diumumkan setiap akhir tahun pada acara Pesta tahunan.

b.  Tata Cara Staf Terbaik

1.      Pengisian borang yang disiapkan oleh tim TPMA.

Pada akhir tahun ajaran semester genap, Staf diminta mengisi borang yang telah dipersiapkan.

Penilaian sesuai dengan krteria bobot setiap bagian penilaian. Angka tertinggi akan diputuskan sebagai staf terbaik pada tahun tersebut

2.   Syarat staf yang dipilih :

Aktif, tidak dalam mengambil cuti selama 2 semester terakhir.

3.   Priode penilaian meliputi semester ganjil dan semester genap tahun ajaran yang sama.

4.   Penilaian akan dilakukan oleh pimpinan Jurusan/Prodi setelah mempertimbangkan penilaian oleh atasan berdasarkan hasil penilaian atasan staf sebanyak 5 orang (ka.lab dan beberapa dosen koordinator praktikum).

c.  Tata Cara Pemilihan Mahasiswa terbaik

1)      Pemilihan diketuai oleh koordinator kemahasiswaan dan konseling.

2)      Syarat Mahasiswa yang dipilih :

a.    mahasiswa aktif (Tdk dalam masa non aktif pada dua semester saat dimulai   penilaian)

        b.  memiliki IPK diatas 3,5.

3)    Penilaian akan dilakukan oleh tim yang dibentuk oleh koordinator.

4).   Proses pemilihan terdiri dari beberapa tahap:

a.   Seleksi berkas (memenuhi syarat)

b. Tes Wawancara (materi: wawasan tentang teknologi hasil pertanian, kemampuan bahasa inggris)

d.  Pelaksanaan Seleksi Best Lecturer of the Year dan Best Student of the  Year.

1. Priode pelaksanaan dimulai awal semeser ganjil.

2. Pengumuman dilaksanakan akhir tahun pada pesta tahunan.

e. Format penillaian

1.   Form Pengisian untuk Dosen

EVLUASI KINERJA DOSEN PERTANIAN

Yang bertanda tangan dibawah ini

N a m a                                    :

NIP                                         :

Pangkat/Golongan Ruang       :

Jabatan Fungsional                  : (Go1.) (TMT.........../........./....................)

                                                  (TMT........../............./............................)

Penghitungan Kinerja Dosen  : Semester Ganjil 2013/2014

Pendidikan dan Pengajaran

% bobot (30%)

Minimal

A    Perkuliahan
1  Mata kuliah:


1
2
3
4

SKS

Jumlah kelas

4 sks minimal per semester

2  Praktikum
1
2

SKS

Jumlah kelas

B  Membimbing Seminar
Nama Mahasiswa
1
2
3

NIM

min 1 mahasiswa per semester

C    Membimbing PL dan BP
Nama Mahasiswa
1
2

NIM

min 1 mahasiswa per 2 semester

D    Pembimbing utama skirpsi (S1*/S2**)
Nama Mahasiswa
1
2

NIM

maks 3 mahasiswa per semester

E    Pembimbing pembantu skripsi (S1/S2)
1.
2.

NIM

maks 3 mahasiswa per semester

F    Penguji (bukan sebagai pembimbing)
1.
2.
3.

4 mahasiswa per semester

G    Dosen Wali
Jumlah mahasiswa:

Minimal 13 mahasiswa

H    Jabatan di Jurusan:

 

Penelitian dan Publikasi                                              International/nasional/lokal*)              bobot (45%)

Penelitian                                                                          Jumlah dana         Sumber                         10
1
2

Publikasi Seminar                                                           International/nasional/lokal*)                       15
1
2

Publikasi Journal                                                            International/nasional/lokal*)                        20
1

2

Pegabdian Kepada Masyarakat                                                                                                   bobot (20%)
1
2

Penunjang                                                                                                                                       bobot (5%)
1                                                                         penilaian hanya partisipasi seminar nasional
2                                                                         dan internasional

Mendapat Penghargaan                                                                                                                 bobot ekstra

Demikianlah data ini saya buat dengan sebenar-benarnya,

(                                                    )             

NIP


 

 Form Penilaian Staf Akademik.

Kehadiran
Keaktifan/partisipatif

8

7

5

4

3

8

7

5

4

3

8    sangat baik
7    baik
5    rata-rata
4    tidak baik
3    sangat tidak baik

Nama Atasan Penilai:

NIP

TTD

7.tanggung jawab

a.         Tim penetapan indek kinerja dosen, staf dan mahasiswa.

b.        TPMA.

c.         Jurusan/Prodi.

d.        SJMF.

8. PIHAK TERKAIT

a.       Mahasiswa.

b.      Tim penetapan indek kinerja dosen, staf dan mahasiswa.

c.       TPMA.

d.      Jurusan/Prodi.

e.       SJMF.

9. PERSYARATAN

 a.    Dilakukan setiap semester berjalan telah mencapai 80%.

 b.    Dilkukan oleh auditor yang profesinal.

 c.    Angket/yang proposional.

 

10. DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN

a.   Dokumen angket

b.   Bukti kinerja

c.   Hasil penetapan indek

d.   Data acara angket

e.   Data acara penetapan indek

f.   Keputusan tim

 

11. WAKTU YANG DIBUTUHKAN

2 minggu sebelum semester berjalan berakhir.

12. LEGALISASI

Disahkan di Banda Aceh pada tanggal 01 Agustus 2016

Ketua Program Studi Ilmu Tanah

Fakultas Pertanian

Universitas Syiah Kuala

Dr. Ir. Hairul Basri, M.Sc

NIP. 19670210 199102 1 001