Contoh RPS

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

(NAMA MATA KULIAH)

( NamaDosen 1 )

( NamaDosen 2 )

( NamaDosen 3 )

 

 

 

 

 

Logo Unsyiah Kuning HD 1012x972 Transparan 1 

 

 

PROGRAM STUDI …………………………………………….

FAKULTAS ……………………………………………………..

UNIVERSITAS SYIAH KUALA

(Tahun)

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Mata Kuliah : ……………………                                         Semester : …..             Kode : …..                  SKS : ….

Program Studi : …………………….                                     Dosen :      1) …………….

                                                                                                                  2) ………….....

                                                                                                                  3) ……………..

Capaian Pembelajaran Program Studi (CPL) :

1.  (Contoh)Mengevaluasi hubungan struktur materi dengan sifat – sifat dinamis, kereaktifan, energi dan fungsi dalam berbagai perubahan kimia;

2.   …………………………………………………………….

3.   …………………………………………….........................

(Cat: dapat dituliskan kodifikasi dari aspek Sikap, KeterampilanUmum, Keterampilan Khusus, Pengetahuan)

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK) :

1.   (Contoh)Dapat menganalisis struktur molekul kimia berbasis aplikasi dasar – dasar spektroskopi molekul;

2.   …………………………………………………………….

3.   ……………………………………………………………..

KriteriaPenilaian :

Nomor

NilaiAngka

NilaiHuruf

1

≥87

A

2

78 -<87

AB

3

69 - <78

B

4

60 - <69

BC

5

51 - <60

C

6

41 - <51

D

7

<41

E

Item Penilaian :          Sikap                    20%

(Contoh)                      Keterampilan       20%

                                    Kuis                     15%

                                    UTS                  22,5%

                                    UAS                  22,5%

                                    Total                 100%

JADWAL, URAIAN MATERI DAN KEGIATAN PERKULIAHAN.

RPS minimalmemuatkomponen-komponenberikutini : (Sesuai SNPT No 44 Tahun 2015)

MingguKe-

KemampuanAkhir

Yang Diharapkan

BahanKajian

(MateriPelajaran)

StrategiPembelajaran/MetodePembelajaran

WaktuBelajar

Pengalaman

BelajarMahasiswa

KriteriaPenilaian

(Indikator)

BobotNilai

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(Contoh)

1

Menganalisis unsur simetri dalam suatu molekul dan menentukan kelompok titik senyawa

Simetri molekul, menentukan unsur

simetri, menentukan kelompok titik senyawa

Pendekatan:

ketrampilan proses.

Metode: diskusi kelompok, presentasi.

Model : PBL.

2 x 50

Mahasiswa berdiskusi kelompok dan melakukan simulasi dengan model struktur

Tes tertulis:

Menganalisis unsur simetri dan menentukan kelompok titik senyawa,

Ketrampilan:

Ketepatan merangkai

senyawadengan

media alami,

Afektif: tepat waktu, tanggung jawab, kerjasama

10%

(Contoh)

2

Mahasiswa mampu mendengarkan komunikasi non verbal dan memahami komunikasi berbeda budaya

Mendengarkan komunikasi non verbal dan beda budaya.

Sub pokokbahasan:

1.Pengertian mendengarkan, memperdalam pendengaran,

2.Komunikasi dengan pesan non verbal,

3.Teknik untuk memperdalam komunikasi non verbal.

Pendekatan:

pemecahan masalah.

Metode:diskusi presentasi, penugasan.

Model :kooperatif.

2 x 50

Mahasiswa melakukan kerja kelompok dan melakukan presentasi di depan kelompok lainnya

Tes tertulis.

Keterampilan.

Sikap: kerjasama.

5%

3

4

Dst

TOTAL

100%

                 

Sumber Belajar/ Referensi

1.      Mary Ellen Guffe, Ksthleen Rhodes, Patricia Rogin (2010), Business Communication, Canadian Edition

2.      Mark Ridley. 1993. Evolusi. Blacwell Scientific Publications. London

3.      .  ........................................................................................................

4.      .  ........................................................................................................

5.      dst

(Cat: Referensiupdate 5 tahunterakhir )

                                                                                                                                   

Mengetahui,                                                                                                               Banda Aceh, ……………

Ketua Program Studi,                                                                                                 Koordinator/ Penanggung jawab,

 

 

(NamaLengkap)                                                                                                          (NamaLengkap)

NIP.                                                                                                                            NIP.

PETUNJUK PENGISIAN:

KETERANGAN

PENJELASAN ISIAN

Mata Kuliah

Isi dengan nama Mata Kuliah

Kode

Isi dengan kode mata kuliah

SKS

Diisi dengan besaran SKS

Program Studi

Diisi nama Program Studi

Dosen Pengampu

Diisi dengan namadosen pengampu

Capaian Pembelajaran Prodi

Dipilih dari capaian pembelajaran program studi yang mencakup S (Sikap), KeterampilanUmum (KU), Pengetahuan (P) dan Keterampilan Khusus (KK) yang sesuai dengan mata kuliah yang diampu

Capaian Mata  Kuliah

Capaian mata kuliah terdiri dari Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan.  Setiap CPMK diberi kode M1 dst

NO KOLOM

JUDUL KOLOM

PENJELASAN ISIAN

1

Minggu  ke

Menunjukkan kapan dan berapa lama suatu kegiatan dilaksanakan (≥1 mgg )

2

Kemampuan akhir yang diharapkan

Rumusan kemampuan dibidang kognitif,psikomotorik, dan afektif diusahakan lengkap

dan utuh (hard skills&soft skills). Tingkat kemampuan harus menggambarkan level CP

lulusan prodi, dan dapat mengacu pada konsepdari Anderson (*). Kemampuan yang dirumuskan di setiap tahap harus mengacu dan sejalan dengan CPL, serta secara komulatif diharapkan dapat memenuhi CPL yang dibebankan pada mata kuliah ini diakhir semester.

3

Bahan Kajian

Bisa diisi pokok bahasan /sub pokok bahasan,atau topik bahasan. (dengan asumsi tersediadiktat/modul ajar untuk setiap pokok bahasan) atau integrasi materi pembelajaran, atau isi darimodul.

4

Bentuk Pembelajaran

Dapat berupa : diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain,atau gabungan berbagai bentuk.

5

Waktu

Waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran

6

Pengalaman mahasiswa

Kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa yang dirancang oleh dosen agar yang bersangkutan memiliki kemampuan yang telah ditetapkan (tugas, suvai, menyusun paper,melakukan praktek, studi banding, dsb.)

7

Kriteria penilaian

Kriteria Penilaian berdasarkan Penilaian Acuan Patokan mengandung prinsip edukatif, otentik,objektif, akuntabel, dan transparan yang dilakukan secara terintegrasi. Indikator dapat menunjukkan pencapaian kemampuan yang dicanangkan, atau unsur kemampuan yang dinilai (bisa kualitatif misal ketepatan analisis, kerapian sajian, kreatifitas ide, kemampuan komunikasi, juga bisa juga yang kuantitatif : banyaknya kutipan acuan/unsur yang dibahas, kebenaran hitungan).

8

Bobot penilaian

Disesuaikan dengan waktu yang digunakan untuk membahas atau mengerjakan tugas, atau besarnya sumbangan suatu kemampuan terhadap pencapaian pembelajaran yang dibebankan pada mata kuliah ini.